1 april 2014
19 april 2014
Home » Informasi » Hasil Analisis Buleleng Layak Dibangun Bandara

Hasil Analisis Buleleng Layak Dibangun Bandara

7 april Berakhir *

Hasil Analisis Buleleng Layak Dibangun Bandara – Postingan kali ini dari MediaBlogseo.info akan membahas info terbaru tentang Hasil Analisis Buleleng Layak Dibangun Bandara semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan sobat semua, para pembaca setia blog ini

 Hasil Analisis Buleleng Layak Dibangun Bandara
Sketsa Bandara Baru di Desa Sumberkima Buleleng Bali

pusawi.blogspot.com – Pemerintah Provinsi Bali memutuskan pembangunan bandara baru di wilayah Bali Utara berada di daerah Sumberkima Buleleng. Dari hasil pra fisibility study (FS), Sumberkima dinilai lebih layak di dibandingkan dengan daerah Kubutambahan.

 “Satu penduduknya jarang, bukan lahan produktif, kering. Kemudian pengembangannya dari aspek pengembangan pariwisata, wilayah tersebut diapit oleh dua kawasan pariwisata. Ada juga pelabuhan laut di situ, Celukan Bawang,” kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika kepada pusawi.blogspot.com di Renon (9/7/2013).

Pemerintah Kabupaten Buleleng memastikan untuk segera menyiapkan aturan hukum terkait penetapan status quo lahan pembangunan Bandar Udara Bali Utara di Desa Sumberkima Kecamatan gerokgak Buleleng. Aturan hukum status quo lahan Bandar Udara Bali Utara diperlukan untuk menghindari terjadinya transaksi lahan pada kawasan yang akan dijadikan lahan pembangunan bandara.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dalam keteranganya di Renon mengatakan, aturan hukum yang nantinya akan dipersiapkan dapat dalam bentuk peraturan bupati atau berupa surat keputusan. Namun permasalahannya saat ini terletak pada luasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan bandara

“Kita lihat bentuknya seperti apa sehingga untuk bloking atau zoning kawasan yang tidak diperjual belikan saya bisa tentukan dengan gambar, tidak seluruh daerah itu, daerah menyangkut pengembangan kepastian besar bandara, makanya saya tanyakan tadi ini proyeksinya seperti apa, apa mau single trek atau double trek,” kata Putu Agus Suradnyana.

Putu Agus Suradnyana menegaskan, jika nantinya bandara Bali Utara direncanakan untuk double trek (dua landasan) maka luas lahan yang diperlukan mencapai 1.200 hektar. Sementara tanah milik provinsi yang terdapat di kawasan tersebut hanya sekitar 650 hektar. 

Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng, dipilih menjadi lokasi pembangunan bandar udara baru di kawasan Bali utara. Dari hasil kajian, Sumberkima  dianggap lebih mudah untuk dibangun bandara dibandingkan jika dibangun di Desa Kubutambahan (Buleleng Timur). Berikut hasil analisis pemilihan wilayah Sumberkima di Buleleng barat sebagai lokasi bandara baru.

1. Di Desa Sumberkima, Gerokgak, mayoritas kawasan berupa lahan kering. Pemukiman penduduk lebih jarang, diperkirakan ada sekitar 2.570 KK yang terkena dampak.

2. Jika dibangun di Kubutambahan, akan sulit memindahkan penduduk serta Pura Kahyangan Tiga dan kuburan di desa adat (pakraman) di Kubutambahan. Kubutambahan yang terletak di bagian timur Buleleng, kawasan yang terkena dampak merupakan wilayah persubakan dan padat permukiman penduduk. Terdapat sekitar 8.012 KK yang diprediksi terkena dampak. Pembangunan bandara akan menggusur 14 pura di dua kecamatan, dimana dua diantaranya merupakan pura cagar budaya.

3. Di dekat Sumberkima ada tanah milik Pemprov Bali seluas 650 hektar, sehingga pemerintah provinsi bisa berkontribusi dalam pembangunan bandara baru.

4. Wilayah Sumberkima berada di pinggir jalan nasional. Selain itu, jalur tol Kuta-Soka-Seririt rencananya akan dibangun dekat lokasi itu.

5. Jika dilakukan reklamasi di Sumberkima untuk pembangunan bandara, akan lebih mudah dengan kedalaman laut hanya 416 meter. Sedang di Kubutambahan, reklamasi lebih sulit dilakukan karena palung laut lebih dalam yakni 981 meter.

6. Sumberkima diapit 2 kawasan wisata

7. Sumberkima dekat pelabuhan laut, sehingga nanti mudah untuk mensuplai bahan bakar pesawat.

8. Lokasi di Sumberkima (Buleleng barat)  juga gampang untuk menyerap pasar dari wilayah Jawa Timur.(made)

Redaktur : Saraswati



Terima kasih sudah sudi mampir dan membaca sedikit ilmu dari www.mediablogseo.info semoga kalian senang dengan apa yang sudah saya berikan kepada anda semua.

Sumber artikel : http://pusawi.blogspot.com/2013/07/hasil-analisis-buleleng-layak-dibangun.html

Incoming search terms:

  • bandara buleleng (10)
  • informasi bandara buleleng (1)
Informasi » » » » » »

Incoming search terms:

  • bandara buleleng (10)
  • informasi bandara buleleng (1)
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

0 Komentar "Hasil Analisis Buleleng Layak Dibangun Bandara"



Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya






Berakhir 5 mei

Support By: InfoBagus.us - Mediablogseo.info
SeloGangsal.com / Powered by WordPress / Gemini Theme by JhezeR

MediaBlogseo.info / Powered by WordPress / Gemini Theme by JhezeR